Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome

Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome – Google Chromemerupakan sebuah aplikasi browser internet yang paling sering digunakan. Sehingga, wajar bahwa aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi browser terbaik dan terpopuler untuk saat ini. Pasalnya browser ini memiliki banyak keunggulan. Diantaranya atarmukanya yang simple, fitur – fitur didalamnya lengkap dan juga ringan untuk digunakan di PC ataupun android.

Baca Juga


Walaupun begitu, ternyata terdapat juga kekurangan dalam aplikasi browser terbaik ini. Yakni kelamaan terasa berat dan juga koneksi internetnya melabat. Rata – rata orang mengeluhkan hal tersebut saat menggunakan browser ini dalam jangka waktu yang lama. Padahal untuk menyelesaikan masah tersebut terdapat cara yang simple dan terkesan mudah. Namun, tidak sedikit orang mengabaikan hal itu dan memilih untuk menguninstall Google Chrome dan menggunakan browser lain.

Maka dari itu, disini saya akan menyampaikan bagaimana cara mempercepat koneksi di Google Chrome. Berikut adalah ulasannya simak hingga ahir.
  • Periksa Extensions anda pada Google Chrome

Extensions merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Google Chore. Fitur ini sebenarnya sangat memudahkan para pengguna saat berselancar di Internet. Hal itu lah yang menyebabkan banyak orang untuk banyak menginstall extensions agar proses browsing semakin cepat dan mudah.

Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome

Namun, apa yang terjadi ? buka proses browsing yang semakin baik tetapi malah membuat lemot dan memberatkan PC dan Android anda. Nah maka dari itu, install extensions seperlunya saja jangan berlebihan. Extensions yang perlu anda install diantaranya Internet Download Manager, Extensions dari Antivirus serta AdBlock ( jika diperlukan ).
  • Periksa Plugin pada Google Chrome anda

Plugin merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh Google Chrome yang fungsi dan jenisnya hampir sama dengan Extensions yakni memaksimalkan kinerja browser anda. Namun, berbeda dengan Plugin terkadang plugin terinstal sendiri tanpa kita ketahui. Biasanya bersamaan dengan terinstallnya aplikasi atau sofware yang anda gunakan. 

Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome

Maka dari itu, anda wajib untuk mengeceknya secara berkala agar tidak terdapat plugin yang menumpuk dan memberatkan aplikasi anda. Berikut adalah beberapa plugin yang penting di dalam Google Chrome. Seperti Adobe Reader, Adobe Flash, Chrome PDF Viewer dan bisa anda tambah lainnya yang seperlunya saja.
  • Hapus History Browsing Browser Anda

Hapuslah history browsing anda secara berkala seperti History Browsing, Download, Cookies, Cache dan juga Password yang tersimpan dalam browser. Karena jika saja hal tersebut tidak anda hapus akan menumpuk ke dalam PC atau Android anda. Sehingga size aplikasinya semakin membesar dan membuat berat PC atau Android serta proses loading terkesan lebih lama.

Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome

Selain itu, juga berfungsi untuk mengamankan data – data penting anda dari kasus pencurian data atau yang lainnya. Setelah anda bersihkan saya yakin browser Chrome anda akan terasa lebih ringan lagi.
  • Menggunakan Fitur Prefetch Resources pada Google Chrome

Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome

Seperti yang saya katakan tadi bahwa goole chrome ini memiliki banyak fitur diantaranya Prefetch Resources yang berfungsi untuk melakukan loading sebelum anda kunjungi. Sehingga, proses loading pada halaman selanjutnya yang anda klik akan terasa lebih cepat. Namun, fitur ini akan sedikit mengurah kuota anda. Tapi jangan kuatir, kuota yang digunakan tidak terlalu banyak.
  • Menghapus Aplikasi yang terinstal di Browser Google Chrome

Coba anda ketik chrome://apps pada browser Chrome anda dan lihat apa saja aplikasi yang terdapat didalamnya. 

Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome

Jika dirasa aplikasi tersebut tidak penting maka anda harus menghapusnya dengan cara Klik Kanan - Remove for Chrome, karena aplikasi tersebut sangat berpengaruh pada kinerja browser. setelah anda hapus lihat perbedaannya.

Demikian ulasan mengenai Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome, mudah bukan ? langsung saja anda terapkan dalam browser Google Chrome dan rasakan perbedaannya. Sekian dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Memaksimalkan Kinerja Google Chrome"

  1. pas nih, kinerja chr=rome saya lemot banget

    ReplyDelete
  2. Baru tau ane, bahwa google chrome bisa kita maksimalkan

    ReplyDelete
  3. wah ini, cocok gan ane pas nyari nih
    soalnya chrome ane pertama sih gpp normal tapi lama kelamaan jadi lambat

    ReplyDelete
  4. Wah ane baru ngerti kalo ada caranya biar gak lemot..
    Thank's infonya gan..

    ReplyDelete
  5. Wah, mantap min... sangat bermanfaat sekali infonya .. makasih ya (y)

    ReplyDelete

-